Prakata

Blog ini diluncurkan dengan harapan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pemilik Opel Blazer. Selanjutnya kepada yg berkaitan ataupun ada artikel yg kami munculkan disini mohon keikhlasannya. Kami tidak ada maksud apa2, kami hanya ingin berbagi ilmu dan semoga mobil Blazer yg jumlahnya tidak begitu banyak ini tidak menjadi musnah karena kurang perawatan dan menjadi besi tua.

Artikel yg kami buat berasal dari :
- Saudara2 kita BLAZERIAN INDONESIA dengan mottonya All Blazerian Are Brothers
- Face Book
- FBI FB
- Para pakar ataupun penggemar Blazer
- dan berbagai sumber yg tersebar di dunia maya

Namun demikian andai masih ada juga yg keberatan, silahkan kirim ke e=mail sekretariat.bsm@gmail.com, maka artikel tersebut akan saya hapus. Terima kasih.

Ads

Thursday, February 18, 2016

Mengenal ECU / ECM



Secara garis besar berikut adalah tanda-tanda kerusakan pada ECU mesin mobil :
1. Ecu rusak akan membuat mesin tidak bisa hidup
2. Ecu rusak akan membuat mesin mobil nyendat
3. Ecu rusak akan menyebabkan tenaga mesin turun
4. Ecu rusak juga akan menjadi penyebab konsumsi bbm boros
5. Ecu rusak juga akan membuat lampu cek engine mati tetapi juga ada yang membuat lampu cek engine nyala, ini tergantung kerusakan.

Kerusakan Ecu mobil biasanya adalah perkasus dengan gejala mobil yang berbeda-beda, terkadang kerusakan Ecu mobil tidak bisa di deteksi dengan Diagnostic Tool. Bagaimana mau mendeteksi jika yang dideteksi mengalami kerusakan.

Kenapa Ecu mobil Bisa rusak?
Ecu mobil perangkat kerasnya adalah komponen elektronika yang dibuat sedemikian rupa oleh pabrikan dengan memiliki daya tahan yang lama, terkecuali ada masalah-masalah teknis yang berasal dari dalam dan luar ecu bisa menjadi penyebab kerusakan Ecu.

Perbaikan,
Kerusakan ECU biasanya akibat dari faktor usianya, bisa juga karena faktor external, misal karena jamur, mengingat lokasi ECU di daerah lembab..
Dapat juga disebabkan oleh penambahan accessories yg mengurangi arus atau tegangan yg dibutuhkan ECU...

Kerusakan karena faktor internal adalah disebabkan oleh capasitor yg mulai mengering, karat, bocor dll, shg tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik waktu dilalui arus..
Bila menemukan ECU error yg pertama diperiksa adalah capasitornya, gantilah dengan ukuran yg sama sesuai nominalnya...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.