Prakata

Blog ini diluncurkan dengan harapan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pemilik Opel Blazer. Selanjutnya kepada yg berkaitan ataupun ada artikel yg kami munculkan disini mohon keikhlasannya. Kami tidak ada maksud apa2, kami hanya ingin berbagi ilmu dan semoga mobil Blazer yg jumlahnya tidak begitu banyak ini tidak menjadi musnah karena kurang perawatan dan menjadi besi tua.

Artikel yg kami buat berasal dari :
- Saudara2 kita BLAZERIAN INDONESIA dengan mottonya All Blazerian Are Brothers
- Face Book
- FBI FB
- Para pakar ataupun penggemar Blazer
- dan berbagai sumber yg tersebar di dunia maya

Namun demikian andai masih ada juga yg keberatan, silahkan kirim ke e=mail sekretariat.bsm@gmail.com, maka artikel tersebut akan saya hapus. Terima kasih.

Ads

Sunday, November 24, 2013

Tips membeli dan Perawatan awal

Tip Membeli Opel Blazer Dan Merawat Pertama Kali

Brader sekalian, berikut ini tip membeli Opel Blazer dan pertamakali yang harus dilakukan setelah meminangnya By: Agus Sopandi S di Facebook Blazer:


Sedikit tips bila hendak membeli mobil Blazer , silakan perhatikan, minimal :
1. Exterior pastikan tidak ada bekas penyok berat dsb.
2. Interior harus bersih dan baik .
3. Surat-surat harus lengkap dan asli apalagi kalau ada faktur lebih baik .
4. Kondisi Mesin, Tidak boleh ada oli menetes, dan harus bersih, suara tidak kasar .
5. Lampu-lampu harus berfungsi semuanya, test lampu jauh, dekat dll, wiper. .
6. Semua Instrument di Dashboard harus berfungsi semuanya .
7. Tekanan Oli minimal jangan kurang dari 125 Kpa (ini gambaran kondisi mesin) .
8. Jarum Temperatur pastikan tidak lebih dari 103 derajat celcius. dan bila sudah mencapai 103 derajat celcius pastikan kembali jarum indikator temperatur turun kembali ke kisaran 82 derajat celcius. .
9. Kaki-kaki harus baik (lakukan test jalan) jangan ada bunyi-bunyi.. .
10. AC harus dapat berfungsi dengan baik .
11. Kunci-kunci pintu harus berfungsi baik .
12. Perpindahn gigi perseneling harus terasa lembut (tidak keras) .
13. Lakukan test jalan di jalan aspal dan jalan gerijul.
14. Test jalan lakukan dengan kaca jendela dibuka dan ditutup.




Setelah membeli mobil blazer bekas.. JANGAN dulu dipakai apalagi dipakai ke luar kota atau jalan jarak jauh tetapi lakukan dahulu :
1. Ganti Timing Belt (WAJIB) catat tanggal ganti dan KM_nya. sebab bila sampai Timing belt putus.. mesin akan rusak.. terutama Blazer bermesih DOHC siap-siap jajan dan bisa lebih dari Rp.10 juta.
2. Timing Bell DOHC => ganti setiap pemakaian 30 000 km (saran saya setiap 25 000 Km) SOHC => ganti setiap pemakaian 60 000 km (saran saya setiap 55 000 Km) .
3. Tak kalah pentingnya terutama untuk yang pertama pakai mobil blazer – Perhatikan point penting indikator yang ada di Dashbord minimal – Perhatikan Jarum Tekanan Oli jangan sampai kurang dari 125 Kpa – Perhatikan temperatur jangan lebih dari 103 derajat celcius – Bila lampu indikator Check Gages menyala, berhenti dan matikan mesin, periksa system pendingin dan Oli mesin. Kerusakan mesin bisa terjadi karena Pemakai belum paham betul cara memperlakukan mobil Blazer dan apa saja yang harus diperhatikan selama mengendarai mobil blazer.

ganti oli mesin tiap 5000 km
ganti oli filter tiap 10.000 km
ganti filter udara tiap 40.000 km
ganti filter bensin tiap 40.000 km
ganti filter bensin didalam tangki tiap 80.000 km
ganti oli versnelling tiap 20.000 km
ganti oli gardan tiap 20.000 km
ganti busi tiap 20.000 km
ganti timing belt 60.000 km

periksa/bersihkan :
filter udara tiap 5000 km
filter bensin tiap 10.000 km
busi tiap 10.000 km
injector tiap 100.000 km
koil tiap 100.000 km

Oli mesin gunakan SAE minimal SG viskositas 15W-50 atau 20W-50. Oli transmisi ATF. Minyak rem minimal DOT 3, power steering minimal dexron IId. Coolant cukup pakai air murni atau suling.
Sekedar Info : Tadi Siang ada KEBO tersendat-sendat...Coba pakai cara Jaman Batu...Buka TUTUP Tangki...ON kunci Kontak sampai lampu merah saja...Dengarkan Jeritan Nafsu Fuel PUMP..di depan tutup tangki Ternyata tidak Terdengar...Bongkar..ternyata..benar FP Koid...nda susah2 lihat ini itu....

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.