Prakata

Blog ini diluncurkan dengan harapan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pemilik Opel Blazer. Selanjutnya kepada yg berkaitan ataupun ada artikel yg kami munculkan disini mohon keikhlasannya. Kami tidak ada maksud apa2, kami hanya ingin berbagi ilmu dan semoga mobil Blazer yg jumlahnya tidak begitu banyak ini tidak menjadi musnah karena kurang perawatan dan menjadi besi tua.

Artikel yg kami buat berasal dari :
- Saudara2 kita BLAZERIAN INDONESIA dengan mottonya All Blazerian Are Brothers
- Face Book
- FBI FB
- Para pakar ataupun penggemar Blazer
- dan berbagai sumber yg tersebar di dunia maya

Namun demikian andai masih ada juga yg keberatan, silahkan kirim ke e=mail sekretariat.bsm@gmail.com, maka artikel tersebut akan saya hapus. Terima kasih.

Ads

Saturday, November 9, 2013

Blazer FAQ

Blazer FAQ

1. Hilang Tenaga Sesaat
Hilangnya tenaga sesaat belum tentu disebabkan fuel pump karena gejalanya lain. Ada kemungkinan yang dialami disebabkan kendornya soket komponen yang berhubungan dengan kerja pengapian.

2. Re-mapping ECU
Silahkan hubungi bengkel resmi terdekat di kota Anda,

3. Lampu indikator tanda rem (lampu kontrol untuk rem tangan di dashboard) selalu menyala (merah) kalau kecepatan di atas 60 km
Control ABS jarang sekali rusak. Yang sering adalah kotornya konektor control ABS. Yang pasti hal2x lain yg perlu diperiksa saat kontrol rem nyala adalah: - Ketinggian minyak rem - Switch hand brake rusak - Speed sensor ada gangguan

4. Mesin Tersendat, kemudian mati
Ada kemungkinan fuel pumpnya memang sudah lemah. Gejalanya terjadi kalau kendaraan sudah berjalan cukup lama dan jalanan macet. Coba bawa ke bengkel untuk diperiksa tekanan bensinnya, biar lebih pasti kalau memang fuel pumpnya lemah.

5. Jarum/indikator temperatur di panel dashboard mulai tidak bergerak.
Jarum selalu di bawah 60 C. ada kemungkinan soket yang masuk ke switch temperatur lepas. Kalau sensor temperatur sangat jarang sekali rusak.

6. Indikator rem menyala kalau jalan diatas 60 km.
Speed sensornya yang rusak atau conectornya kendor/kotor.




7. Lampu Kurang Terang
Wiring Opel Blazer mengikuti standar Kanada dimana maksimum voltafe yang diijinkan adalah 9Volt. Supaya lampu Opel Blazer lebih terang, wiring dapat diganti menjadi 12Volt dengan menambahkan relay supaya tidak terbakar.

8.Lampu indicator rem tetap menyala tanpa kedip meski rem tangan sudah dilepas habis. Dan hal ini diatasi dengan mematikan mesin, , kemudian di start on lagi, maka indicator kembali normal.
biasanya bad connecting antara soket EBCM [electronic brake control module, bentuknya persegi empat dekat booster rem].

9. Waktu menabrak lubang terdengar seperti ada bunyi besi beradu. Kedengaran seperti di ban depan sebelah kiri.
Check karet upper arm/lower arm. harga upper arm termasuk karet dan ball jointnya 500 ribuan

10. Dimana lokasi busi di blazer dohc dan bagaimana cara melepasnya ?
Lokasi busi DOHC, buka cover warna merah (yang ada tulisan DOHC) dengan melepas dulu baut menggunakan kunci torx 20 atau 'L' 5 . Dibalik penutup tersebut ada tempat kabel dan busi seperti mobil lainnya, tarik kabel businya menggunakan pengungkit yang sudah disediakan di situ. Buka busi menggunakan kunci busi 16mm.

11. Dimana lokasi Air filter di blazer dohc dan bagaimana cara melepasnya ?
Air filter ada di depan kiri , tepat dibelakang tempat air kaca, berada dalam tabung plastik hitam besar yang terhubung dengan pipa plastik hitam ke mulut air intake di mesin. Buka pengait secara hati hati, buka belalainya dulu, baru buka 'kandangnya'. Bentuk filternya tabung bulat.

12. Ada bunyi krincing2 seperti plat/skrup kendor di console. Bunyinya cukup mengganggu kenyamanan.
Sumbernya dari pegangan tongkat persneling. Rupanya, antara metal dan pegangan yang plastik itu (yang ada bagan gigi perseneling itu) tidak bisa senyawa abadi. Itulah penyebab bunyi-bunyi tadi. Agaknya ini masalah sering terjadi. Itu juga ditemukan di Chevrolet Blazer LT terbaru. Dibor bagian bawah pegangan plastik sampai kena metal di dalam pakai obeng. Kenapa bagian bawah, agar penampilannya tetap sedap dipandang. Lalu secara perlahan-lahan, tuangkan power glue. Begitu kering, beres sampai sekarang! Modalnya cuma Rp 2.000 untuk satu power glue. Tentu untuk itu, lepas dulu tongkat persneling, dengan membuka baut yang posisinya beradadi bagian bawah tongkat yang ditutupi karet tsb.

13. Apakah semua tutup yang ada di ruang mesin dapat (boleh) dibuka?
Sekedar informasi, semua tutup yang bisa dibuka di ruang mesin dan diwarnai hitam sebaiknya tidak usah dibuka2x rutin. Yang boleh hanya tutup yang berwarna kuning. Hal ini berlaku untuk semua jenis kendaraan dan sudah merupakan standar ketentuan.

14 Malfunction Indicator Lamp untuk kinerja ABS jadi satu dengan lampu handbrake.
Kalau lampu tsb menyala ada beberapa fungsi yang harus diperiksa, antara lain: - Handbrake - Minyak rem dibawah spek minimum - Gangguan pada speed sensor - Gangguan di kontrol unit ABS.

15. Benarkah rem blazer tidak berfungsi sama sekali jika mesin mati?
bagaimana sistem remnya? Apa back up dlm keadaan darurat? Apalagi kalau rem tangan tidak berfungsi baik.
Sebetulnya bukan tidak berfungsi, tapi jadi lebih keras pedal remnya. Karena sistem rem dibantu dengan booster yang kerja vakumnya memanfaatkan tekanan udara masuk ke mesin. Jadi kalau mesin hidup rem akan lebih empuk ditekan.

16. Bagaimana mengecek kondisi rem tangan memastikan dalam kondisi baik?
Cari jalan datar, tarik rem rem tangan kuat2x kemudian jalankan kendaraan pelan2x. Kalau kendaraan mau bergerak berarti rem tangan harus penyetelan ulang atau pemeriksaan kampas rem belakang.

17. Bagaimana jadwal penggantian timing belt?
Timing belt, terutama tensionernya perlu di cek berkala setiap 7500km. Sedangkan penggantian tiap 30.000km untuk DOHC dan 60.000km untuk SOHC

18. Saringan udara, saringan bensin, dan busi-busi kapan harus diganti?
Filter udara dan bensin ganti tiap 15.000 km - busi tiap 30.000 km.

19. Bagaimana caranya melakukan pemeriksaan fuel pump?
Pemeriksaan fuel pump bisa dilakukan sendiri. Caranya hidupkan mesin, dengarkan bunyi dengung di sekitar ban belakang kiri. Jika bunyi dengungnya terasa kencang berarti fuel pump sudah mulai bermasalah.

20. Berapa standard tekanan oli mesin ?
Jika mesin masih dalam kondisi dingin [dalam artian oli belum bersirkulasi ke seluruh mesin], memang saat stasioner tekanan oli bisa menunjuk di 250KPa [kilo pascal] bahkan lebih.
Jika sudah idle paling tidak 3 menit pasti turun. Tapi tidak pernah lebih rendah dari 125KPa. Jika memang lebih rendah coba periksakan kondisi pomp

21. Temperatur kerja optimum mesin adalah 103oC.
Fan 1 akan bekerja jika temperatur engine naik sampai temp. kerja optimumnya 103oC . Saat temperatur mencapai 105oC Fan 2 (fan disebelah kiri driver) akan bekerja dan temperatur akan menurun. Fan 2 juga akan bekerja saat AC on atau bertekanan tinggi.

22 Tipe Coolant yang direkomendasi untuk dipergunakan di Opel Blazer
Coolant yang digunakan boleh merk apa saja, disini direkomendasikan : Glysantine G-48-00 (Ethylene Glycol based coolant) dicampur air 1: 1. Selama masa garansi kendaraan menggunakan coolant dengan nama : Opel Coolant p/n : 1940656

23. Tekanan angin pada ban Opel Blazer.
Tekanan angin yang dianjurkan 30-34psi. Usahakan saat mengukur atau memompa saat kondisi ban dingin [pagi hari].

24. Aturan pengisian Bensin.
Sebaiknya minimum ¼ tangki harus sudah di_isi lagi, karena Kalau menunggu sampai posisi hampir habis (merah), kotoran yg mengendap di tangki bensin bisa ikut tersedot dan memperpendek umur fuel pump, juga bensin berfungsi sebgai pendingin untuk fuel pump.

25. Terjadi getaran pada kecepatan tertentu.. misalnya pada kecepatan saat mau masuk 50 km.jam ?
Lakukan pengcheckan pada Cross Jonit dan ganti bila ditemukan sudah rusak.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.