Prakata

Blog ini diluncurkan dengan harapan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pemilik Opel Blazer. Selanjutnya kepada yg berkaitan ataupun ada artikel yg kami munculkan disini mohon keikhlasannya. Kami tidak ada maksud apa2, kami hanya ingin berbagi ilmu dan semoga mobil Blazer yg jumlahnya tidak begitu banyak ini tidak menjadi musnah karena kurang perawatan dan menjadi besi tua.

Artikel yg kami buat berasal dari :
- Saudara2 kita BLAZERIAN INDONESIA dengan mottonya All Blazerian Are Brothers
- Face Book
- FBI FB
- Para pakar ataupun penggemar Blazer
- dan berbagai sumber yg tersebar di dunia maya

Namun demikian andai masih ada juga yg keberatan, silahkan kirim ke e=mail sekretariat.bsm@gmail.com, maka artikel tersebut akan saya hapus. Terima kasih.

Ads

Wednesday, October 22, 2014

Plat Kopling


Fungsi dari clutch plate atau plat kopling adalah untuk meneruskan putaran engine ke transmisi waktu pedal kopling dilepas dan memutus putaran engine ke transmisi pada waktu pedal kopling di injak...
Mengingat kerja dari plat kopling ini cukup berat karena menerima moment gesek pada ke dua sisinya yang menimbulkan panas, maka untuk kenyaman gunakanlah clutch plate yang kwaltasnya bagus...
Umur dari plat kopling ini pada pemakaian normal bisa bertahan antara 2th-4th,atau 30.000 Km - 60.000 Km, tergantung kondisi jalan dan cara mengemudi dari drivernya...

Agar kampas kopling dapat bertahan selama 3-4 tahunan, maka sebaiknya kita mengetahui kesalahan dalam menggunakan kopling serta bagaimana cara menghemat kampas kopling mobil :

  • Injak pedal kopling sampai mentok (full) saat pemindahan transmisi, untuk menjaga agar permukaan kopling tidak cepat aus.
  • Lepas kopling secara perlahan diimbangi dengan menginjak pedal gas agar mobil tidak tersendat dan terjadi gesekan pada kopling mobil.
  • Jangan menginjak serta menahan kopling terlalu lama pada saat oper gigi agar tidak terjadi gesekan yang berlebihan pada kampas kopling.




Jangan menginjak gas pada saat pemindahan transmisi atau oper gigi, ini juga untuk mengurangi gesekan kampas kopling:

  • Jangan membiasakan untuk meletakkan atau menggantung kaki di pedal kopling saat mobil sudah berjalan, karena kita tidak akan sadar secara otomatis kaki akan bersandar ke pedal kopling sehingga dapat menimbulkan gesekan kecil yang lama-kelamaan akan menyebabkan aus dan menghabiskan kampas kopling tanpa disadari.
  • Menghemat kampas kopling dalam situasi macet, lebih baik jangan terlalu sering membuntuti atau menempel mobil yang didepan dengan menyeimbangkan antara kopling dan gas, sebaiknya biarkan mobil yang di depan untuk maju lebih kurang 1 meter dari mobil kita, baru kita mengikuti dengan menjaga jarak kemudian gunakan rem tangan/ kaki dan netralkan kembali transmisi agar tidak terjadi gesekan yang lama pada kampas kopling. Kemacetan merupakan salah satu faktor utama yang membuat kampas kopling cepat aus.
  • Lebih baik biasakan untuk menetralkan posisi transmisi dan menggunakan rem tangan pada situasi macet, tanjakan dan yang semacamnya, hal ini dilakukan karena fungsi utama dari kopling adalah untuk transfer daya kendaraan dari mesin ke roda bukan untuk menahan beban mobil.
  • Sesuaikan kecepatan dengan ketepatan gigi atau tingkat transmisi, jangan sampai kendaraan berjalan lambat pada gigi tinggi atau sebaliknya, lebih baik sesuaikan dengan petunjuk pada buku servis manual.
  • Usahakan untuk melakukan perpindahan transmisi, naik atau turun sehalus mungkin untuk mengurangi gesekan yang berlebihan pada kampas kopling.

By. Baracuda Van Door Lock

No comments:

Post a Comment