Prakata

Blog ini diluncurkan dengan harapan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pemilik Opel Blazer. Selanjutnya kepada yg berkaitan ataupun ada artikel yg kami munculkan disini mohon keikhlasannya. Kami tidak ada maksud apa2, kami hanya ingin berbagi ilmu dan semoga mobil Blazer yg jumlahnya tidak begitu banyak ini tidak menjadi musnah karena kurang perawatan dan menjadi besi tua.

Artikel yg kami buat berasal dari :
- Saudara2 kita BLAZERIAN INDONESIA dengan mottonya All Blazerian Are Brothers
- Face Book
- FBI FB
- Para pakar ataupun penggemar Blazer
- dan berbagai sumber yg tersebar di dunia maya

Namun demikian andai masih ada juga yg keberatan, silahkan kirim ke e=mail sekretariat.bsm@gmail.com, maka artikel tersebut akan saya hapus. Terima kasih.

Ads

Wednesday, May 21, 2014

Cek Resistan koil

Cek resistan koil

1. Cek resistan kumparan primer dimana kabel untuk kumparan primer adalah pada soket koil dgn 3 buah kabel dimana pada soket tertulis 1,2 & 3 . No 1 adalah massa untuk coil pasangan silinder 2&3 berasal dari kabel ICM No. 1 warna Putih/hitam, No. 2 adalah input positif dari accu via Fuse 24 terakhir No 3 adalah massa untuk coil pasangan silinder 1&4vberasal dari kabel ICM No. 6 warna Tan....

Berikut gambar soket coil:
 

Berikut gambar mengecek resistan primer Coil (untuk selanjutnya stick multimeter hitam dipindah keujung yg lain untuk kumparan primer coil satunya, stick merah tetap di No. 2)


Nilai resistan normal untuk kumparan primer adalah 0.3 - 1.7 ohm, diluar ini bearti primer rusak dan coil harus ganti.

2. Cek resistan kumparan sekunder, caranya disesuaikan pasangan busi/silinder:



Nilai resistan normal untuk kumparan sekunder adalah 5000 - 13000 ohm, diluar ini bearti sekunder rusak dan coil harus ganti.

Untuk DTC masalah pengapian adalah:

Kode 19 artinya Masalah pada CKP (Cek CKP tentunya termasuk soketnya)
Kode 41 artinya EST B terhubung singkat ke Accu (Cek kabel No 7 warna merah yang ke ICM, kabel ini asalnya dari ECU No. C3, cek kabel terutama soketnya apakah ada yg mengelupas sehingga terhubung singkat.
Kode 42 artinya EST B terhubung singkat ke Accu (Cek kabel No 2 warna hitam yang ke ICM, kabel ini asalnya dari ECU No. D10, cek kabel terutama soketnya apakah ada yg mengelupas sehingga terhubung singkat.
Semoga Bermanfaat....

Copy from FB: Tangdan Blesser (group FBI)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.