Prakata

Blog ini diluncurkan dengan harapan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pemilik Opel Blazer. Selanjutnya kepada yg berkaitan ataupun ada artikel yg kami munculkan disini mohon keikhlasannya. Kami tidak ada maksud apa2, kami hanya ingin berbagi ilmu dan semoga mobil Blazer yg jumlahnya tidak begitu banyak ini tidak menjadi musnah karena kurang perawatan dan menjadi besi tua.

Artikel yg kami buat berasal dari :
- Saudara2 kita BLAZERIAN INDONESIA dengan mottonya All Blazerian Are Brothers
- Face Book
- FBI FB
- Para pakar ataupun penggemar Blazer
- dan berbagai sumber yg tersebar di dunia maya

Namun demikian andai masih ada juga yg keberatan, silahkan kirim ke e=mail sekretariat.bsm@gmail.com, maka artikel tersebut akan saya hapus. Terima kasih.

Ads

Sunday, May 4, 2014

HLA (Hydraulic Lash Adjuster)

Bila kedapatan bunyi2 dipagi hari waktu menghidupkan mobil dan di gas beberapa saat hilang, itu tandanya bunyi tersebut dari HLA yg ga kebagian oli akibat, lubang olinya kotor/ada penyumbatan dll, dan mengingat harganya yang ori cukup mahal, maka sebaiknya HLA tersebut diservis/dibersihkan saja di tempat yg berwenang menanganinya……


Bersihkanlah masing masing bagian tersebut dengan menggunakan DCS atau sejenisnya, lakukanlah dengan seksama sehingga kotoran yang melekat lepas semuanya, lalu diamkan sekitar 15 s/d 20 menitan agar pembersih kerak bekerja efektif. Gunakan kuas kecil atau cotton bud untuk membersihkan kerak jangan pergunakan sikat kawat. Perhatikan pada setiap part HLA, usahakan membersihkan sampai sedetail-detail nya,termasuk juga check ball yang terdapat pada check valve body, jangan sampai ada kotoran yang masih tertinggal disana, karena jika masih ada, besar kemungkinan oli tidak bisa masuk dan keluar dengan baik.
Selanjutnya bilaslah dengan Carb cleaner (STP atau sejenisnya) sehingga kotoran yang telah di lunturkan DCS terlepas dan HLA menjadi bersih kembali.




Selanjutnya olesi seluruh part dengan oli baru, rakit ulang bagian-bagian tersebut sesuai urutan gambar dibawah, jika Check Valve body sukar masuk ( artinya Check Valve body bekerja baik) Tusuk dan tekanlah Check Ball dengan kawat kecil atau jika tidak ada bisa menggunakan klip kertas yang sudah diluruskan, melalui lubang kecil tepat di ujung kepala adjusting piston sehingga check ball tertekan ke bawah dan udara yang ada dalam lifter housing keluar dan Check valve body masuk kedalam.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.