Prakata

Blog ini diluncurkan dengan harapan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya pemilik Opel Blazer. Selanjutnya kepada yg berkaitan ataupun ada artikel yg kami munculkan disini mohon keikhlasannya. Kami tidak ada maksud apa2, kami hanya ingin berbagi ilmu dan semoga mobil Blazer yg jumlahnya tidak begitu banyak ini tidak menjadi musnah karena kurang perawatan dan menjadi besi tua.

Artikel yg kami buat berasal dari :
- Saudara2 kita BLAZERIAN INDONESIA dengan mottonya All Blazerian Are Brothers
- Face Book
- FBI FB
- Para pakar ataupun penggemar Blazer
- dan berbagai sumber yg tersebar di dunia maya

Namun demikian andai masih ada juga yg keberatan, silahkan kirim ke e=mail sekretariat.bsm@gmail.com, maka artikel tersebut akan saya hapus. Terima kasih.

Ads

Monday, May 18, 2015

FP cara ganti

CARA MENGGANTI FP


Agung Blazer siapkan senjata dulu bro
-obeng (-)
-kunci roda yg ujungnya gepeng buat nurunin ban serep
-rachet
-sambungan panjang
-sok 15 dan 16 busi
-tang

Agung Blazer turunin dulu ban serepnya pakai kunci roda yg ujungnya pipih.lubangnya dah tahu kan bro?samping kanan plat nomer
Agung Blazer pasang dongkrak pada lubang yg tersedia di chasis,posisinya dibwh pintu dpn kiri.
ini posisi ndongkrak paling enak buat nurunin tangki bensin sendirian

Agung Blazer kendorkan klem selang bensin besar dan kecil yg bwh,jgn yg atas,bisa repot ente kalo ngendorin yg klem atas.




Agung Blazer copot soket pompa bensin.
lalu copot selang 3 biji pada gambar.yg kanan kiri tekan kuping penguncinya dulu kemudian tarik selangnya slow saja jgn dipaksa ntar patah bisa susah ente.
selang tengah cukup tarik aja,ndak ada penguncinya.

Agung Blazer pindah dpn bro..
lepas selang pernapasan tangki bensin.hati2 jgn sampai matahin klep pernapasan di tangki dpn.

Agung Blazer lepas mur pengikat sabuk tangki dpn dgn kunci ring 15 atau sok 16 dan rachet biar cepet

Agung Blazer lepas baut pengikat sabuk tangki belakang.
hati2,bila isi tangki lebih dari setengah siap2 menerima pendaratan tangki bensin.

Agung Blazer setelah mur dan baut pengikat terlepas tinggal tarik aja sambil digoyang2,nanti lepas sendiri dari selang pengisiannya.
perhatikan saat menariknya keluar,pastikan pipa rumah pompa bensin tdk menabrak chasis dan keluarnya lwt bwh pintu dpn kiri.

Agung Blazer bersihkan sekitar rumah dari debu dan pasir.tau kenapa mesti dibersihkan dulu?
karena kebersihan sebagian dari iman

Agung Blazer lepas rumah pompa dari tangki bensin dgn cara melepas ring penguncinya terlebih dulu dgn obeng min atau tang long nose atau dgn tangan kosong jg bisa

Agung Blazer lepas soket pompa bensin bagian dalam dgn cara mencongkel penguncinya dulu yg warna merah baru kemudian congkel keluar soket dgn obeng min kecil.

Agung Blazer tekan ke dalam kupingan pengunci rumah motor pompa lalu tarik keluar.bagian atas akan terpisah dari rumah pompa bagian bawah.copot soket motor fuelpump lalu cabut selang resist kecil dan selang gelombang dari motor fuelpump.
kalo selang gelombang masih utuh atau tidak bocor bisa dipakai lg tp kalo rusak mending diganti baru.sudah ada selangnya kalo beli fp falcom

Agung Blazer lepas motor fp lama,pasangkan motor fp baru.

Agung Blazer pasang lagi selang resist kecilnya ke motor fp.

Agung Blazer pasang kembali motor fp pada dudukannya.
pasang filternya,tinggal ditekan aja.
lalu rangkai kembali ke tabung bawah

Agung Blazer pasang soket motor fp nya.pasang kembali soket fp dan meter bensin,lalu klip merah penguncinya.

Agung Blazer olesi sedikit seal rumah pompa bensin dgn grease atau vet,lalu pasang rumah pompa bensin ke tangki bensinnya.
setelah pas lalu pasang kembali ring penguncinya.

Agung Blazer kuncinya bertarung sendirian memasang tangki bensin adalah bagaimana caranya agar tangki bagian dpn bisa terpasang dulu pada dudukannya dan tdk jatuh saat kita mengangkat tangki bagian belakang untuk memasang selang pengisian yg besar dan kecil.
caranya dgn menaikkan bagian dpn pada dudukannya lalu memasang tali pada bagian dudukan sabuk dpn untuk menahan tangki dpn agar tdk jatuh saat kita mengangkat bagian belakang.
lihat tali warna ungu,itulah kuncinya

Agung Blazer siapkan ganjal atau dongkrak lainnya untuk menahan tangki belakang.lbh enak kalo ada 2 dongkrak.yg asli bawaan blazer buat ngangkat chasis yg satunya cukup dongkrak kecil ndak masalah,fungsinya untuk mengangkat tangki belakang agar lebih mudah untuk memasang selang pengisian besar dan kecil.
tp kalo dongkraknya cuma 1 tangkinya cukup diganjal pakai balok atau apa ajalah yg ptg bisa membantu menahannya.
setelah ujung pipa pengisian bertemu dgn selang pengisian dorong tangki keatas dgn tangan kanan atau dgn dengkul kaki,tangan kiri berfungsi menahan ujung pipa agar segaris dgn selang pengisian besar kecil.




*sori bos ndak ada gambarnya karena tangan kiriku lagi nahan selang dan tangan kananku lg ndorong tangki ke atas.ndak bisa motonya karena dongkraknya cuma 1.
Agung Blazer setelah pipa pengisian terpasang pada selangnya,tahan tangki dgn dengkul agar tdk jatuh lagi,tangan kanan mengencangkan klem selang,tangan kiri menahan klem tdk bergerak saat dikencangkan.
setelah klem terpasang tangki aman untuk ditinggal,ndak bakal jatuh lagi.
pekerjaan pindah ke depan lagi untuk memasang sabuk tangki.


Agung Blazer congkel bagian tengah tangki untuk memasang sabuk belakang.kalo sabuk dpn cukup menggeser dikit tangki dpnnya dah keliatan lubang dudukannya.

Agung Blazer pasang lagi mur sabuk dpn dulu,setelah sabuk dpn terpasang gantian pasang sabuk belakang.
setelah semua sabuk terpasang,pasang lg selang pernapasan tangki dpn.

Agung Blazer pasang lagi soket fuelpump dan 3 selangnya.
urutannya biar gampang pasang selang pengembali dulu sblh kiri dkt chasis,pastikan penguncinya sudah klik.
kemudian pasang yg tengah,tinggal dorong aja langsung klik.
terakhir pasang yg kanan atau output,pastikan penguncinya sudah klik.
kalau penguncinya belum klik bisa kejadian selang lepas saat mesin dinyalakan.

Agung Blazer pasang lagi ban cadangannya.
ingat!...
bagian luar menghadap ke bawah

Agung Blazer pindah ke ruang mesin.
cari soket pompa bensin.isinya 2 kabel.abu-abu untuk motor pompa bensin dan ungu untuk meter pelampung bensin.
jamper langsung kabel abu-abu seperti pada gambar.fungsinya sebagai pengaman kalau kabel yg dapat skun soket fuelpump putus di dalam.sudah byk kasus soket fuelpump yg bermasalah,mending langsung dijamper saja daripada ngganggu di jalan.

Agung Blazer untuk mengetes motor fuelpump sebelum dipasang di tangki caranya :
-tancapkan soket fuelpump ke rumah fuelpump
-kunci kontak di on kan
-soket kecil hitam dibwh boster rem spg dijamper ke massa atau terminal negatif aki.motor fuelpump akan berputar.
*saat tangki sudah terpasang dan bensin sudah dimasukkan tangki lagi lakukan langkah ini untuk menaikkan bensin ke injektor agar saat distarter mesin langsung menyala.efeknya gambar mesin akan menyala,tenang saja,matikan mesin lalu cabut kontaknya.saat dinyalakan lg lampu gbr mesin akan mati lagi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.